Friday, November 28, 2008

Bang Mamat: Sang peretas dakwah dari pondok Gede..



Bang Mamat, adalah panggilan sayang seorang adik yang pernah mengecap kelamnya dunia preman (samseng) untuk seorang Rahmat Abdullah. Sosoknya sebagai kakak yang tak pernah jera menasihati menjadi pembuka akal sehatnya untuk kembali ke jalan Allah. Dakwah bil hikmah dan dakwah melalui seni adalah salah satu jalan yang dipilih oleh almarhum yang selama hayatnya menetap di daerah Pondok Gede, Jakarta.

Penggambaran sosok anak betawi yang tawadhu dalam film Sang Murabbi begitu kental terlihat. Siapa sangka sosok yang begitu dikenal dan dikagumi di kalangan aktivis partai dakwah ini ternyata begitu menikmati sikap zuhudnya. Seringkali semasa hidupnya terutama saat menjabat anggota DPR, beliau lebih memilih berkendaraan umum dibanding mobil dinasnya. Kebiasaan yang dulu sering dilakukannya dalam menghadiri undangan-undangan ceramah.

Lisan yang keluar dari lidahnya adalah ilmu dan bahasa sederhana seorang Rahmat Abdullah yang tidak merasa jumawa menjadi rujukan para aktivis dakwah. Kepergiannya tak ayal lagi ditangisi ribuan kader dan aktivis baik yang dekat dan pernah berjumpa dengannya bahkan oleh orang yang hanya berjumpa dengannya melalui tulisan, buku atau artikelnya.

Dibuatnya film Sang Murrabi bukan saja sekedar mengenang seorang ustadz yang bergelar Syaikhut-Tarbiyah ini, namun juga mengingatkan kembali akan jejak langkah kebaikan yang telah diretasnya, semangat pantang mundurnya dalam dakwah, juga kesederhanaannya dalam hidup. Bahkan artis Neno Warisman, Astri Ivo, dan Aty Cancer pun mau terlibat di dalamnya. Sosok Ustad Rahmat Abdullah diperankan dengan apik oleh Irwan Rinaldi sebagai peran utama, seorang pendatang baru dalam dunia film namun tak asing lagi dengan dunia akting. Bukan perkara mudah memerankan sosok tersebut walapun secara pribadi Irwan mengenali beliau. Berkeping-keping VCD ceramah, buku-buku, dan observasi langsung dengan keluarga Ustad Rahmat Abdullah, menjadi penting dilakukan Irwan untuk menjiwai perannya. Memang hanya satu Rahmat Abdullah di dunia ini dan tentu saja tak tergantikan. Ketika rencana diputarnya film Sang Murrabi di Kuala Lumpur bergulir, Zul Ardhia selaku sutradara film menyetujuinya dengan senang hati.

Penasaran dengan sosok Ustadz Rahmat Abdullah yang segala gerak dan lisannya sering dijadikan rujukan para aktivis dakwah tersebut?

Ingin berjumpa lebih dekat dan ngobrol bareng dengan artis-artis film Sang Murabbi? Jangan lupa hadiri Penayangan dan Bedah Film Sang Murrabi pertama kali di Kuala Lumpur.

Jom catat tanggal dan tempatnya:

Hari/Tanggal : Minggu, 30 November 2008
Tempat : Anjungan A, Dewan Serbaguna Masjid Wilayah Persekutuan, Jalan Duta, Kuala Lumpur
Bintang Tamu : Irwan Rinaldy (pemeran utama), Neno Warisman, Zul Ardhia (Sutradara)

Harga Tiket :

* RM50 -> Sessi I (Pk.08.30 – 13.00) + ngobrol bareng artis Sang Murabbi.
* RM10 -> Sessi II (Pk.14.30 – 16.00)

Bonus : Doorprize



Tambahan tentang transportasi:

* Akan ada mobil panitia yang akan menjemput peserta yang naik LRT or KTM.
* Mobil akan standby di stesen LRT PWTC dan stesen KTM Putra
* Sesi pagi : mobil akan stand by mulai pukul 07.30 - 08.30
* Sesi siang : mobil akan standby mulai pukul 13:30- 14:30

sumber:http: //sang-murabbi. blogspot. com/

No comments: